Mengenal Kelasifikasi Kebakaran Yang Ada Di Indonesia

Mengenal Kelasifikasi Kebakaran Yang Ada Di Indonesia

Mengenal Kelasifikasi Kebakaran Yang Ada Di Indonesia

Sebelum Anda membeili peralatan pemadam kebakaran seperti tabung APAR (Alat pemadam api ringan) sebaiknya Anda harus mengetahui dahulu atau Mengenal Kelasifikasi Kebakaran Yang Ada Di Indonesia. karena kalau Anda salah dalam membeli atau menggunakan tabung pemadam kebakaran bisa berakibat fatal untuk Anda atau properti Anda.

Berikut ini adalah penjelasan klasifikasi kebakaran atau Kelas kebakaran (Fire Class) yang ada di Indonesia dan media atau tabung apar apa saja yang harus di gunakan.

Di Indonesia sendiri, kebakaran dibagi menjadi 4 jenis, yaitu kelas A, B, C, dan D, berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 04/MEN/1980 Bab I Pasal 2, ayat 1. Sementara di luar negeri, beberapa negara, membagi klasifikasi kebakaran menjadi lima, yakni A,B, C, D, dan E. tetapi disini saya hanya memberikan tiga klasifikasi yang umum di Indonesia.

Nah, Berikut beberapa tipe atau klasifikasi kebakaran berdasarkan penyebabnya serta cara terbaik untuk memadamkan dan pencegahannya.

KLASIFIKASI KEBAKARAN A

Merupakan kebakaran yang disebabkan atau melibatkan benda-benda padat berserat non-logam, misalnya kayu, kain, kertas, plastik, dan lain sebagainya. Cara yang tepat untuk memadamkannya adalah dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran dengan media Dry Chemical Powder, Foam AFFF dan GAS Clean Agent.

Sementara itu, untuk menghindari terjadinya kebakaran ini adalah dengan memisahkan barang-barang tersebut dari sumber api seperti minyak atau kompor.

KLASIFIKASI KEBAKARAN B

Tipe kebakaran ini disebabkan oleh benda cair yang mudah terbakar seperti minyak, bensin, cat, alkohol, LPG, dan sejenisnya. Untuk memadamkannya digunakan tabung pemadam kebakaran dengan media Dry Chemical Powder, Carbon Dioxide / Co2, Foam AFFF, dan Gas Clean Agent.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran tipe ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:

Simpan carian yang mudah terbakar jauh dari sumber api yang mudah menyambar.
Hindari menggunakan kontainer atau botol plastik untuk menyimpan cairan mudah terbakar.
Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik saat menggunakan cairan yang mudah terbakar tersebut.

KLASIFIKASI KEBAKARAN C

Pelaratan rumah tangga menggunakan listrik serta sakelar dan sumber listrik lainnya merupakan penyebab atau kebakaran kelas C ini. Dalam memadamkan kebakaran kelas C, sangat penting untuk menghindari media air karena justru dapat membuat pemadam tersengat listrik. Alat pemadam api yang cocok untuk digunakan di kelas kebakaran C ini adalah tabung APAR bermedia Dry Chemical Powder dan Carbon Dioxide (co2).

Cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kabel peralatan listrik dan menggantinya bila menemukan kerusakan atau terkelupas. Selain itu, selalu gunakan peralatan listrik yang sesuai dengan prosedur dan standar, serta lakukan instalasi dengan benar.

Semoga klasifikasi kebakaran ini bisa menambah informasi. Untuk informasi mengenai peralatan pemadam kebakaran, harga apar, atau harga refill apar silahkan hubungi kontak marketing kami melalui chat, telp, sms, whatsapp, email atau bisa datang langsung ke kantor dan workshop kami.